Ririn_Kyu

A Miracle Is Another Name Of An Effort

Makanan Khas Tradisional Jepang

Makanan tradisional jepang

Bagi orang yang hobi makan seperti saya, dan ingin berkuliner tanpa harus bepergian jauh dan memakan bajet yang cukup besar anda bisa mencoba membuat sendiri menu yang anda inginkan. salah satu penganan yang akan saya share disini adalah makanan khas negeri sakura. Yufs Jepang merupakan negara yang cukup bayak mempunyai makanan tradisional.

sebagian orang, khususnya umat muslim selalu merasa ragu jika masuk ke restoran Jepang atu sekedar mencoba resepnya. hal ini dikarenakan kekhawatiran terhadap kehalalan makanan tersebut.

Sebenarnya bahan pokok dari masakan Jepang sebagian besar terdiri dari daging ayam atau sapi, ikan, beras dan sayur-sayuran yang jelas merupakan penganan yang halal. hanya saja kebiasaan orang jepang yang mencampur makanan tersebut dengan sari minyak babi dan sake sehingga makanan tersebut tidak bisa dikonsumsi orang-orang muslim. Well, sebenarnay tidak masalah jika tidak memakai barang-barang yang dilarang.

Berikut ini makanan khas Jepang yang bisa kita coba konsumsi dan sebaiknya dibuat sendiri agar dapat di pastikan kehalalannya.

1. Tempura

tempura jepang

Tempura adalah makanan khas Jepang yang dibuat dengan bahan pokok berupa udang yang dilumuri tepung terigu. banyak di jual direstoran-restoran makanan Jepang, banyak di gemari karena rasa gurihnya yang menantang. Untuk membuat makanan tidak begitu sulit asalkan bahan yang diperlukan dapat diperoleh dengan lengkap

Cara mudah membuat Tempura:

bahan-bahan yang perlu di siapkan adalah :

>Udang segar yang sudah di bersihkan dan dibuang kulitnya.
>Tepung bumbu instan (banyak terdapat di supermarket atu warung-warung dengan kemasan sashet)
>Tepung panko (tepung roti kasar)
>Minyak Goreng

Cara membuat

-> Ambil udang yang telah dibersihkan lalu buat irisan melintang di punggung udan, jangan sampai irisan terputus. buat 3-4 irisan sesuai besar udang atur jangan terlalu dekat.

-> Buat irisan melintang di perut udang berlawanan dengan irisan di punggung.

-> Luruskan udang jika ingin membuat Tempura lurus, jika ingin membuat tempura sesuai bentuk udang, tidak perlu diluruskan.

-> Masukan kedalam tepung isntan yang telah diberi air sampai merata.

-> Gulingkan atau lumuri dengan tepung panko.

-> Goreng pada minyak yang telah dipanaskan samapi kuning keemasan.

Selesai, mudah bukan?

2. Yakitori

yakitori jepang

Yakitori adalah makanan yang berasal dari daging ayam bahkan bisa juga menggunakan bagian dalam ayam seperti ati dan ampelanya, lalu di tambahkan dengan beberapa sayuran. ditusukan dengan menggunakan bambu, gak beda jauh sama sate.
makanan ini banyak dujial di sepanjang jalan koata-kota di Jepang.

Berikut ini cara ngebuatnya
sediakan bahan-ahan sebagai berikut:

> Paha ayam yang telah di buang tulangnya, potong dadu. bisa juga dengan menggunakan bagian daging ayam yanglainya.

> Beberapa batang daun bawang atau perei kecil, belah dua memanjang, lalu potong melintang 1 cm.

> Jamur Shiitake potong dadu, bisa juga menggunakan jamur putih.

> Paprika, buang bagian tengah dan bijinya potong dadu.

> Rempah Jepang, di Indonesia bisa menggunakan merica hitam bubuk.

Bahan saus Yakitori

> 500 ml kecap asin
> 250 ml kaldu ayam
> 100 gram gula pasir

Biasanya orang Jepang menggunakan sake sejenis vodka dan mirin (anggur beras merah). Tentu saja bahan-bahan ini tidaak bisa di gunakan sebagian orang, terutama umat muslim. jadi kita bisa mengabaikan 2 bahan ini walaupun rasanya akan sedikit berbeda.

Cara membuat :

-> Buat saus dengan mencampur semua bahan-bahan pembuat saus, dididihkan sampai mengental kurang lebih selama 15 menit. Setelah cukup kental angkat, dinginkan.

-> Tusuk ayam dengan tusuk sate. lalu tambahkan bahan pelengkap seperti sayur-sayuran. tusuk dengan urutan ayam, paprika, ayam, jamur, begitu seterusnya sisakan ruang di antara tusukan. umumnya setiap satu tusuk terdiri 2-3 daging ayam.

-> Bakar di ats panggangan yang sangat panas. sering membolak-balik sampai sari patinya keluar. lumuri dengan saus yang sudah di buat, lalu panggang lagi sampai ayam benar-benar matang.

-> Lumuri lagi dengan saus lalu sajukan dalam piring, taburkan rempah jepang atau bubuk merica hitam. sajikan dengan saus yang sudah dipisahkan kedalam mangkuk.

Mudah kan? karena waktu saya membuat tidak menemukan jamur saya nekat menggunakan kentang dan rasanya tidak terlalu beruk, resep abalan saya bisa di coba..>,<

3. Takoyaki.

Gara-gara keseringan baca manga saya penasaran denagn makanan yang sering disebut-sebut dalam manga maupun novel Jepang. Alhasil saya nekat nyari tau cara pembuatan makanan ini.

Takoyaki merupakan makan khas Jepang yang sangat umum di Jepang dan banyak di jual di kedai-kedai.Takoyaki hanyalah snac bulat yang berisi irisan gurita di dalamnya. di jual dengan menggunakan tusukan yang berisi 3 buah Takoyaki.

Cara membuat

Bahan isi :

> Baby Octopus (bayi gurita), rebus & cincang
> Tenkasu (Rice Kripsy)

Rice crispy

Bahan adonan :

400 ml Air
200gr tepung terigu protein rendah
15 gr Katsuo- bushi ( adalah makanan awetan berbahan baku ikan cakalang (katsuo) diserut menjadi seperti serutan kayu untuk diambil kaldunya yang merupakan bahan dasar masakan Jepang)
2 butir kuning telur
4 butir kuning telur
2sdm mentega
Kombu (ganggang laut/rumput laut) 10cm, potong selebar 2cm

Pendamping Takoyaki:

50 gr mayonaisse
Benishoga (acar jahe secukupnya)
Bisa juga dengan menggunakan saus inggris, tapi harus di cek dulu kehalalannya, dan untuk lebih aman buatlah mayones sendiri.

Alat: Electric Takoyaki Baker (bisa juga dibuat dengan car manual)

Cara Membuat Adonan Dasar:
Masukkan konbu dalam panci, masak di atas api kecil. Angkat beberapa saat sebelum air mendidih. Campur katsuo-bushi dalam air rebusan konbu sambil di aduk selama 2 menit. Saring & dinginkan. Campur terigu, telur & garam. Tuang air kaldu, aduk hingga rata. lalu Sisihkan.

Cara Membuat Takoyaki:
Tuang adonan Takoyaki pada Cetakan Takoyaki yng sudah diolesi dengan mentega hingga penuh. Taburi bagian atasnya dengan rice crispy dan masukkan baby octopus (potongan bayi gurita). Masak diatas api kecil. Bila sudah setengah matang, balik adonan dengan bantuan tusuk sate. Bentuk adonan hingga bulat, tambahkan sedikit adonan lagi agar menjadi bulat penuh. Masak hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan bersama saus pendamping dan benishoga.

karena bahan-bahannya yang cukup ribet dan susah di dapat, saya cuma bisa mengira-ngira bagaimana cara buatnya.
Apa lagi mencari bayi gurita, saya sedang membayangkan bagaimana kalau bayi guruta di ganti dengan bayi cumi, atau bayi sotong yang mudah di dapat. Bagi kalian yang mempunyai bahan yang lengkap untuk membuat Takoyaki silahkan di coba.

4. Dorayaki.

makanan doraemon

Makanan pavorit doraemon ini adalah salah satu jenis kue yang sangat di gemari masyarakat Jepang. banyak di ual di kedai-kedai pinggir jalan maupun di supermarket-supermarket.

menurut saya, kue ini tidak jauh berbeda dengan martabak yang ada di indonesi, karena bahan yang digunakannyapun juga hampir sama.

Cara membuat dorayaki

-> Bahan untuk kulit

3 butir telur
150 gr gula halus
½ sendok teh baking powder
180 gr tepung terigu
1 sendok makan madu
Air secukupnya

-> Bahan untuk isi

Kacang hijau ( bisa juga diganti sesuai selera, misal: coklat, pisang dan lain-lain)

Gula Secukupnya.

Untuk isinya kacang hijau atau bahan lainnya direbus dan dibuang airnya, lalu dihaluskan dan dicampur dengan gula.
Panaskan di kuali sampai agak mengering.

Cara membuat:

Semua bahan kulit dicampur menjadi satu, dibuat kental seperti adonan martabak.
Masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan dan di olesi mentega, angkat setelah menguning.
Ambil 2 kulit dorayaki yang sudah masak, lalu oleskan salah satunya dengan kacang hijau.
Tutup dengan kulit lainnya seperti burger, dorayaki siap di nikmati.

5. Onigiri.

nasi kepal

Huaa… ini dia makanan yang membuat saya histris sendiri saat membuatnya. histris karena satu-satunya makanan khas Jepang yang berhasil saya masak.

memasaknya tidak segampang seperti yang dibayangkan karena beras yang saya gunakan adalah beras indonesia yang jelas berbeda dengan beras Jepang yang cenderung lebih lengket dan padat. Alhasil saya harus menggunakan sedikit beras ketan agar nasi dapat di bentuk sedemikian rupa. dan rasanya? aneh. karena memang campuran beras ketan mempengaruhi rasanya juga. Tapi penampilan dan rasa cukup menolong untuk membuat onigiri versi saya dapat dikonsumsi.

dan tentu saja saya tidak memakai nori karena memang di daerah saya susah sekali untuk mendapatkan rumput laut kering itu.

oke ini dia cara membuat Onigiri versi asli bukan versi saya.

> Siapkan nori (Nori adalah rumput laut kering berwara hitam seperti kertas. nori memang susah sekali ditemukan kecuali di supermarket dan restoran-restoran khusus.)

> Siapkan nasi yang siap untuk di makan
membuat onigiri lebih bagus dengan menggunakan beras “Japonica” (beras jepang) karena mudah melekat satu samalain. sedangkan beras yang di gunakan di daerah Asia lainnya adalah bers jenis Indica. tapi jika tidak ada beras Jepang memakai nasi biasa juga bisa.

> Cuci tangan dengan air masak agar nasi tidak menempel lalu lumuri tangan dengan garam.Onigiri dibentuk dengan menggunakan tangan yang telah dilumuri garam dapur.

> Siapkan isi onigiri sesuai selera.
– Ikan tanpa tulang (baik itu di masak dibakar atu di rebus, keluarkan)
– Ayam tanpa tulang (dimasak bebas sesuai selera)
– Telur
– Sayuran tanpa kuah (jika suka)

Cara pembuatan bisa memakai cetakan pembantu atau secara manual dengan tangan.
memakai cetakan cukup membentuknya sesuai dengan cetakan.

cara membuat dengan tangan :

~ Nasi taruh diatas tangan (usahakan nasi tidak terlalu panas dan bisa juga memakai sarung tangan untuk menjaga dari panas)

~ Taruh isi di tengah nasi lalu tutup lagi dengan nasi.

~ Bentuklah seperti segitiga atau bola.

~ Bungkus dengan nori sesuai selera (ps. karena tidak ada nori saya hanya menggunakan daun pisang. dan tentu saja tidak bisa dimakan!)

6. Mochi

mochi jepang

Mochi adalah makanan khas jepang yang menurut saya sama saja dengan mochi yang beredar di Indonesia. hanya saja mochi khas suka bumi (indonesia) berukuran lebih kecil dan dilumuri tepung terigu diluarnya.

Mochi di buat dari tepung ketn yang di haluskan dan dibentuk bulat dan menggunakan isi.

Cara membuat mochi khas Jepang

Bahan:
– 100 grm tepung mochiko/tepung ketan.
– 180 ml air.
– 50 grm gula.
– Kacang merah dihaluskan (4 sendok makan)
– potato starch / corn strach secukupnya.

Cara membuat

> Campurkan tepung ketan dan air dalam wadah tahan panas.
> Camprkan gula aduk rata, tutup dengan plastik.
> Microwave selama 2 menit, setelahnya aduk rata dengan sendok kayu,microwave lagi selama 30 detik, aduk rata.
> Dinginkan agar dapat dibentuk.
> Tutupi talenan dengan plastik lalu taburi talenan dan tangan dengan potato starch / corn starch.
> Tuang adonan di atasnya. Potong 4 (pake pisau plastik). bungkus kacang merah dengan adonan. taburi potato starch dan cornstarch di seluruh mochi.

7. Ramen

kuah mantap

Ini dia menu pavorit saya karena pembuatan yang sangat praktis. tingagl beli dan mengolahnya sesuai selera.
tapi jika ingin membuat mienya secara langsung, dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut.

Bahan:

> Sediakan tepung (bebas)
> 1 butir telur
> Garam sesuai selera
> Air secukupnya.

Cara pembuatan:
– CAmpur semua adonan
– Adonan yang telah dicampur dengan rata lalu di tekan-tekan denagn tangan agar menghasilkan tekstur yang sesuai. agar lebih mudah gunakan talenan.
– Jika adonan tidak lengket berarti proses pembuatan adonan sudah selesai.
– Diamkan adonan selama 30 menit, tutup dengan serbet.
– Ambil adonan bentuk bulat lalau ditaburi dengan tepung. simpan di atas talenan lalu di giling sehingga bola adonan tadi membentuk lingkaran adonan yang tipis kurang lebih 1mm. jika lengket taburi tepung lagi lalu bentuk adonan kembali.
– Potong adonan dengan cara meletakan adonan yang telah digiling diatas talenan, beri tepung agar tidak lengket, potong masukan kedalam air mendidih.
– Beri garam lalu aduk mie dengan sumpit agar tidak menggumpal. mie akan mengembang dan mengapung jika di masak selama 3-4 menit.
– Lalu masukan sayuran, sosis, telor atu apapun sesuai selera.
– Agar lebih lezat tambahkan sup kedalam mie. sup biasanya terbuat dari kaldu ayam atau miso (Fermentasi kedelai atau beras).

Pembuatannya memang cukup ribet dan memakan waktu lumayan lama. tapi rasanya lebih enak dari pada ramen instan kerena dapat dikreasikan sesuai keinginan.

8. Sashimi

ikan mentah mantap

Sashimi adalah makanan khas jepang yang berupa ikan mentah yang disajikan dengan beberapa sayuran.

Saya sempat ragu memasukan sashimi sebagai salah satu makan khas Jepang yang dapat di halalkan. tapi setelah mencari info dari mulai mbah google sampai ustadz ternyata sashimi merupakan makan halal dan tidak dilarang.

ikan merupakan binatang yang halal dimakan bangkainya jadi tidak masalah jika mentahnyapun dimakan, hanya saja sebagian orang tabu memakan daging mentah.

Cara membuat Sashimi:

Bahan
300 grm filet ikan tuna
1/2 lobak yang telah diiris tipis
2 sendok makan manisan jahe.
1 sendok teh pasta wasabi. (wasabi adalah bumbu yang di buat dari parutan kubis)
peras air 2 buah jeruk lemon (untuk menghilangkan anyir)

cara pembuatan:

- Campu pasta wasabi denagn air perasan lemon , aduk sampai rata.

- Potong ikan tuna. sajikan bersama irisan lobak didalam piring.

- Sajiakn dengan sasusnya

membuat sashimi tidak hanya menggunakn ikan tuan saja tapi bisa juga menggunakan iakan salmon, ikan kembung, gurita, cumi-cumi dan ikan laut lainnya.

9. Sushi

sushi jepang

Sushi adalah makan berisi nasi tang dilengkapi daging, ikan atau sayuran baik yang mentah atau yang masak.

Penggunaan daging mentah untuk muslim sebaiknya dihindari karena ditakutkan adanya darah yang masih tertinggal, sedangkan untuh ikan mentah tidak di permasalahkan.

Cara pembuatan :

Bahan yang digunkan :

250 gram Nasi
4 butir telur buat dadar tipis.
4 nuget ikan (boleh memakai daging ayam, ikan, sesuai selera)
Nori secukupnya.

Bahan pelengkap:
100 gram wortel, iris
100 gram kol, iris
bisa menggunakan sayuran apa saja.

Cara membuat:

> Ambil 1 lembar dadar telur( jika ingin memakai telur dadar, bisa juga memakai nori) tata nasi dan ratakan, isi dengan potong nugget ikan (atau bahan lainnya).

> Gulung dengan gulungan sushi.
Atau, cetak dengan cetakan sushi yang lucu.

>Ikat dengan nori sesuai selera.
Pelengkap: Campur semua bahan, aduk rata.
Sajikan sushi dengan salad sayuran.

Itulah beberapa menu khas Jepang yang masih bisa kita nikmati. hindari penggunaan minyak babi, sake, dan bahan-bahan yang diharamkan agar masih bisa dinikmati dengan halal.

Selamat mencoba..^^

One response to “Makanan Khas Tradisional Jepang

  1. inriani Januari 28, 2013 pukul 10:34 am

    Mau tanya, bisa buat makanan jepang belajar sendiri atau kursus?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

De Reizen

Merekam Perjalanan dalam Tetes Tinta Hitam

Kamar Nurmala

Tempat ternyaman di rumah

ellietta el-ghoffar

IHDINAS SHIROTOL MUSTAQIM

A Social Worker, A Great Dreamer

BLESSED BLOG

Blessed to be a blessing through daily life

illegal blogging of deno

converting neurons into words..

Petite Virus

small and infectious random posts

Sebuah Catatan

Never Ending Story

jejaka petualang

let me ride through the wide-open country that I love...

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

bajangkarbitan

chanel untuk belajar

Carving Life with Letters

...menyampaikan pemikiran dan isi hati saat lidah tak mampu berkomunikasi...

Ririn_Kyu

A Miracle Is Another Name Of An Effort

RirinKyu

Shin Ae Rin-Kyuhyun-ssi World

FFindo

FanFic For Friends

KyuRa WorLd

All About Me, My Heart and My Soul

eunveavers

untaian kata...

KyuAe Note's

This World for k-pop and fanfiction

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: